Benarkah Manfaat Lemon Bagus Untuk Penyakit Maag ?

Diposkan oleh : ahlinyamaag pada 1:19 am tanggal 15 Jan. 2019 Kategori Artikel Kesehatan

Makanan yang asam atau pedas memang memicu terjadinya maag. Seseorang yang memiliki riwayat maag bisa langsung kambuh dan asma lambungnya naik. Penderita maag kerap mengonsumsi obat yang mampu menetralkan asam agar tidak berakibat fatal. Selain menggunakan obat obatan yang dianjurkan dokter, lemon untuk maag juga bisa digunakan.

Manfaat Air Lemon Untuk Maag

Meskipun rasanya begitu asam, lemin ternyata bisa mengatasi perut maag. Berikut ini beberapa manfaat jeruk lemon untuk sakit maag :

  • Menetralkan Asam Lambung

Jeruk lemon memang memiliki rasa asam. Namun, rasa asam jeruk lemon untuk maag ini justru menetralkan asam lambung. Saat asam lambung tinggi, perut akan sakit dan akhirnya timbul mual hingga mneyebabkan seseorang jadi lemas bila tidak kuat menahan rasa sakit yang muncul.

  • Meredakan Nyeri Lambung

Lemon untuk maag juga mampu meredakan nyeri yang ditimbulkan oleh radang di lambung. Manfaat jeruk lemon untuk sakit maag jika dikonsumsi setiap hari akan meringankan rasa sakit atau tidak nyaman di esofagus pada penderita maag yang asam lambungnya tinggi.

  • Melancarkan Pencernaan

Manfaat lemon dan madu untuk lambung mampu melancarkan fungsi pencernaan, karena lemon mengandung banyak vitamin A dan Vitamin C.

  • Melarutkan Bakteri Di Usus & Dinding Lambung

Manfaat jeruk lemon untuk sakit maag jika dikonsumsi secara rutin akan membuat bakteri didalam usus dan dinding lambung terlarut dan gangguan maag bisa hilang perlahan lahan.

  • Mengurangi Gejala Maag

Lemon dapat membantu menurunkan berat badan, manfaat jeruk lemon untuk sakit maag yang juga dapat membantu mengurangi gejala maag atau asam lambung

  • Menurunkan Tekanan Darah

Buah Lemon untuk maag juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh anda dari kerusakan sel.

Air Lemon Untuk Mengatasi Maag

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah digestive disease and sciences, asam akrobat dalam lemon sangat penting bagi lambung karena kemampuannya menyembuhkan luka akibat peradangan. Lebih lanjut, penelitian ini juga menjabarkan bahwa asam askorbat menyimpan zat fitronutrien yang berfungsi melawan bakteri H. pylori, yaitu bakteri yang menyebabkan infeksi pada dinding mukosa lambung. Zat inilah yang membuat lemon memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

Senyawa yang terkandung dalam lemon juga akan memicu produksi mukus atau lendir yang bertugas untuk melindungi lambung dengan cara menyeimbangkan asam klorida (HCI) yang lebih sering disebut asam lambung. Lambung dengan asam klorida yang terlalu banyak akan lebih berisiko mengalami luka atau peradangan. Maka, mukus akan sangat bermanfaat untuk menetralkan asam dalam lambung.

Ketika gastritis menyerang, biasanya anda akan kesulitan mencerna makanan dan bisa bisa makanan dimuntahkan kembali karena mual. Sifat basa lemon berkhasiat untuk mempercepat proses pencernaan makanan yang masuk kedalam lambung sehingga lambung anda bisa bekerja lebih baik untuk memproses makanan.

Cara Membuat Air Lemon

Karena lemon memiliki khasiat yang baik bagi lambung dengan gastritis, anda bisa mencoba terapi minum air hangat dengan perasan lemon setiap pagi. Jika dikonsumsi secara rutin, anda akan merasakan manfaatnya yaitu nyeri pada lambung dan mual akan mereda. Pada beberapa kasus, banyak yang melaporkan ketika sakit maag kumat lagi, perihnya tidak terasa separah dulu sebelum memulai terapi dengan air lemon.

Membuat air lemon sangat mudah dan cepat. Siapkan satu buah lemon dan potong setengah atau seperempat. Peras sarinya dan campurkan dengan satu gelas air putih hangat. Anda bisa langsung meminum air perasan lemon ini atau ditambahkan satu sendok teh madu agar terasa lebih manis. Minum air lemon ini setiap anda bangun pagi, sebelum memulai aktivitas atau berolahraga. Terimakasih semoga bermanfaat.

Benarkah Manfaat Lemon Bagus Untuk Penyakit Maag ? Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Makanan yang asam atau pedas memang memicu terjadinya maag. Seseorang yang memiliki riwayat maag bisa langsung kambuh dan asma lambungnya naik. Penderita maag kerap mengonsumsi obat yang mampu menetralkan asam agar tidak berakibat fatal....
Artikel Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *