Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Maag Secara Alami

Diposkan oleh : ahlinyamaag pada 8:55 am tanggal 26 Mar. 2018 Kategori Penyakit Maag

Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Maag Secara Alami

Penyakit maag merupakan penyakit yang menyerang lambung dan menyebabkan sang penderita merasa sakit pada perut, perih, mulas, bahkan mual. Lambung mengalami peradangan atau luka dan bisa disebut sebagai tukak lambung. Apabila lambung sudah mengalami luka yang cukup parah, penderita bukan hanya merasa mual, tetapi juga dapat muntah darah. Ada beberapa cara menghilangkan mual karena maag yang bisa dilakukan agar penderita tidak merasa sakit.

Penderita maag awal mulanya akan mengalami gejala gejala tersebut. Gejala awal ditandai dengan sakit buang air besar, sering bersendawa, perut kembung, dan sering merasa lapar. Selanjutnya penderita akan merasa nyeri perut dan dada karena lambung mulai mengalami luka. Gejala terakhir yang menyebabkan penderita sakit ialah mual dan muntah muntah. Apabila sudah pada gejala akhir, sebaiknya membutuhkan penanganan dokter untuk mendapatkan pengobatan. Penderita yang mual dan muntah akan kehilangan nafsu makannya sehingga asupan nutrisi juga terganggu. Dengan penanganan dokte, rasa mual dan nyeri bisa diatasi dan penderita tidak kehilangan nafsu makan. Berikut akan dijekasakan cara menghilangkan mual karena maag.

Cara Mengobati Maag

1. Antasida
Antasida merupakan obat yang berfungsi menetralisir asam lambung dan menghilangkan nyeri. Lambung akan terus memproduksi asam lambungnya. Adanya luka pada lambung ketika maag kambuh membuat asam lambung menyentuh luka tersebut dan penderita akan merasa nyeri. Dengan obat jenis antasida ini, asam lambung ternetralisir, sehingga penderita tidak merasa nyeri dan mual.

2. Pompa Proton
Pompa proton merupakan obat yang berfungsi menghentikan produksi asam lambung. Produksi asam lambung yang meningkat akan menyebabkan luka di lambung semakin rawan terkena asam lambung tersebut. Untuk itu, produksi asam lambung perlu dihentikan agar luka di lambung tidak semakin parah. Selain itu pompa proton juga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab maag, yaitu Helicobacter pylori. Maag bukan hanya disebabkan karena lambung mengalami luka, tetapi juga disebvabkan karena adanya pertumbuhan bakteri helicobacter pylori. Bakteri inilah yang membuat lambung terinfeksi dan mengalami luka. Dengan pompa protin, pertumbuhannya bisa dihambat dan maag bisa disembuhkan.

3. Pankreatin
Pankreatin merupakan zat yang membantu pencernaan lemak, karbohidratm dan protein. Maag berkemungkinan akan mengganggu pencernaan tubuh, sehingga zat zat makanan yang seharusnya diperlukan tubuh menjadi tidak maksimal masuk kedalam tubuh. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, bakteri penyebab maag akan terus tumbuh dan penderita terus mengalami perih dan mual pada perutnya. Untuk itu, pankreatin membantu mencerna zat zat makanan agar tubuh mendapatkan asupan yang penuh. Pankreatin selain membantu mencerna zat makanan, juga berfungsi mengatasi gangguan pencernaan, seperti buang buang gas, perut kembung, dan mual. Itu mengapa jenis obat pankreatin digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan mual karena maag.

Agar rasa mual karena maag tidak timbul kembali sebaiknya teratur meminum jenis obat tersebut yang biasanya disarankan oleh dokter. Obat penghilang rasa mual biasanya diminum dua jam sebelum makan atau sesuai resep dokter selain dari obat obatan dokter, maag juga bisa disembuhkan dengan menghindari makanan dan minum yang menyebabkan asam lambung meningkat.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari bagi penderita maag, antara lain :

>> Minuman Yang Memicu Timbulnya Asam Lambung
Asam lambung yang meningkat akan menyebabkan penderita maag mengalami gangguan pada lambung. Penderita akan merasa mual, perih pada perut, dan sakit. Untuk menghindari terjadinya maag kembali, hindari minuman yang memicu produksi asam lambung meningkat, seperti :
=> Kopi
=> Anggur putih
=> Sari buah sitrus
=> Susu

>> Makanan Yang Sangat Asam Atau Pedas
Makanan yang memiliki tingkat keasaman dan pedas yang tinggi dapat menyebabkan dinding lambung mengalami kerusakan. Inilah salah satu penyebab penyakit maag timbul. Penderita harus menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang terlalu pedas dan asam, seperti :
=> Cuka
=> Cabai
=> Merica

Pada setiap makanan pasti memiliki tambahan bumbu diatas. Penderita sebaiknya dapat memilih tingkat pedas dan asam dalam suatu makanan agar penyakit maag tidak kambuh kembali.

>> Makanan Yang Sulit Dicerna
Penderita maag sebaiknya menghindari makanan yang sulit dicerna karena dapat menggosongkan lambung lebih cepat. Lambung akan mengalami peregangan dan akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Makanan yang sulit dicerna seperti :
=> Roti
=> Kue tar
=> Coklat
=> Keju

Boleh saja mengonsumsi makanan tersebut, tetapi bagi penderita maag sebaiknya tetap makan makanan lainnya dalam jarak yang tidak lama, sehingga lambung tidak lama kosong.

>> Makanan Yang Memiliki Banyak Serat
Meskipun makanan berserat sangat sehat bagi tubuh, tetapi bagi penderita maag perlu dihindari. Hal ini karena kinerja lambung akan lebih cepat, sedangkan keadaan lambung masih belum bekerja dengan maksimal. Makanan yang mengandung banyak serat seperti :
=> Sawi
=> Kol
=> Pisang ambon
=> Kedondong
=> Buah yang diawetkan

Bagi penderita maag sebaiknya memperhatikan hal hal yang telah dijelaskan diatas. Selain dikonsumsi obat dari dokter, penderita juga perlu mengatur pola makan agar lambung tetap bekerja dengan baik dan maag tidak memperburuk penderita. Berikut ada hal hal yang perlu diperhatikan bagi penderita maag, yakni :

>> Makan Dengan Teratur
Penderita maag mengalami lambung yang sangat rentan. Apabila lambung kosong dalam waktu yang lama, asam lambung akan meningkat dan perut akan terasa perih. Penderita maag perlu menjaga pola makan dengan makan secara teratur dan pastikan lambung tidak kosong atau jangan biarkan lambung berhenti bekerja. Pastikan penderita selalu sarapan dipagi hari karena lambung sudah kosong semalaman. Pagi hari lambung perlu diisi kembali agar asam lambung tidak meningkat dan dinding lambung tidak mengalami luka. Selain melengkapi makan tiga kali sehari, penderita juga perlu menambah asupan lambung minimal dua jam sekali. Pastikan satu jam atau dua jam sekali, lambung terisi makanan, seperti camilan.

>> Sarapan Pagi Hari
Inilah yang kerap kali menjadi penyebab penyakit maag. Seseorang yang terlalu sibuk hingga tidak sempat sarapan membuat lambung kosong dalam waktu yang lama. Inilah kesalahan yang kerap terjadi. Ketika pagi hari perut belum terisi apapun, jangan mengonsumsi makanan yang pedas dan terlalu asam. Selain itu, mengonsumsi kopi pada hari juga tidak disarankan, karena tingkat gas yang dihasilkan kopi dari kafein akan merusak lambung. Usahakan untuk mengisi perut sebelum menjalankan aktivitas. Perut yang terisi pada pagi hari juga akan lebih membuat stamina lebih stabil dalam melakukan segala pekerjaan sampai siang hari.

>> Hindari Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung Meningkat Dalam Keadaan Lambung Kosong

>> Hindari Minuman dan Makanan Yang Dapat Meningkatkan Asam Lambung Dalam Jumlah Banyak

>> Hindari Makan Berlebihan
Menyantap banyak makanan bukan berarti bagus bagi tubuh. Justru dapat memperburuk kinerja organ tubuh. Tubuh mempunyai batas kinerja untuk mengolah organ organ lainnya. Seseorang yang terlalu banyak memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam tubuh akan membuat organ tubuh terutama lambung harus bekerja lebih berat. Akibatnya, lambung mengalami kerusakan dan penyakit maag akan muncul. Untuk itu, hidnari kebiasaan makan dalam jumlah banyak. Pastikan makan dengan seimbang dan tepat bagi perut.

>> Kebiasaan Lain
Selain kebiasaan butuk mengenai pola makan, penyakit maag juga bisa ditimbulkan karena kebiasaan buruk seperti makan permen karet dan merokok. Mengunyah permen karet bisa mengganggu kinerja lambung karena lambung akan menambahkan jumlah gas. Gas yang ada dalam lambung akan membuat lambung kembung dan cepat terasa kosong. Lama kelamaan, asam lambung mulai meningkat dan dapat menimbulkan rasa perih diperut. Selain makan permen karet, merokok juga bukan hanya mengganggu jantung dan paru paru.

>> Meminum obat maag ketika perut mulai terasa perih
>> Minum obat mual satu atau dua jam sebelum makan.
>> Istirahat yang cukup
>> Hindari makanan dan minuman yang bisa meningkat asam lambung
>> Isi perut agar lambung tidak kosong
>> Hindari makanan yang terlalu pedas
>> Pastikan mendapatkan perawatan yang intensif

Menjaga kesehatan memang sangat diperlukan. Selain olahraga teratur, asupan makanan yang masuk kedalam tubuh juga perlu diperhatikan. Perhatikan pola makan sesibuk apapun. Ketika kondisi tubuh tidak fit, organ tubuh merasa terganggu dan stamina tubuh dalam melakukan pekerjaan sehari hari juga terganggu. Terimakasih semoga bermanfaat.

Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Maag Secara Alami Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Maag Secara Alami Penyakit maag merupakan penyakit yang menyerang lambung dan menyebabkan sang penderita merasa sakit pada perut, perih, mulas, bahkan mual. Lambung mengalami peradangan atau luka dan bisa...
Penyakit Maag - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *