Jenis Sayuran Untuk Asam Urat Dan Kolestrol Yang Harus Dikonsumsi

Diposkan oleh : ahlinyamaag pada 8:54 am tanggal 20 Mar. 2018 Kategori Artikel Kesehatan

Jenis-Jenis Sayuran Untuk Asam Urat Dan Kolestrol Yang Harus Dikonsumsi

Selain dengan pengobatan, menjaga pola makan yang sehat merupakan salah satu cara untuk mengobati asam urat. Mengonsumsi sayuran untuk penderita asam urat merupakan salah satu bagian penting dari pengobatan. Apa saja sayuran yang baik untuk penderit asam urat.

Asam urat dalam kadar tinggi didalam tubuh dapat menyebabkan pembentukan kristal pada sendi. Gejala penyakit asam urat biasanya muncul secara tiba tiba, berupa nyeri yang bisa terasa sangat berat. Jika kadar asam urat yang tinggi imi didiamkan saja, maka dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Beberapa Gejala Penyakit Asam Urat, diantaranya :

>> Timbulnya rasa nyeri pada sendi, terutama pada kaki
>> Kesulitan berjalan
>> Persendian terlihat kemerahan

Kolestrol

Bagi sebagian orang, kata penyebab kolestrol tinggi bisa membuat mereka berpikiran tentang suatu hal yang negative. Kolestrol dianggap sebagai satu penyakit yang berbahaya. Sama halnya seperti asam urat, pikiran tersebut adalah salah, karena sebenarnya ciri ciri kolestrol tinggi merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh kita. Ini merupakan komponen penting dalam proses pembentukan vitamin D, asam empedu, serta hormon steroid. Akan tetapi yang perlu diingat adalah bahwa kadar kolestrol dalam tubuh kita harus berada pada tingkat yang normal, karena jika kadar kolestrol dalam darah terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, seperti serangan jantung, jenis jenis stroke, diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit lainnya.

Agar terhindar dari resiko akibat kadar asam urat serta kadar kolestrol yang abnormal, maka sebaiknya kita selalu menjaga agar kadar asam urat maupun kolestrol dalam tubuh kita tetap normal. Salah satu caranya adalah dengan menjaga asupan nutrisi yang berasal dari makanan yang kita makan, seperti sayur-sayuran.

1. Wortel
Sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dan ubi mengandung jumlah purin paling rendah. Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat didalam tubuh. Oleh karena itu, wortel termasuk ke dalam sayuran untuk penderita asam urat yang aman dikonsumsi.

2. Terung dan Tomat
Selain wortel, terung dan tomat juga merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

3. Brokoli
Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat

4. Kentang
Kentang merupakan sayuran rendah purin dan kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

5. Kacang Kacangan
Kacang kacangan termasuk jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat. Karena penderita asma urat disarankan untuk menjauhi protein hewani, kacang bisa menjadi sumber protein yang baik.

6. Daun Salam
Selain sebagai bahan penyedap makanan, didalam daun salam juga terkandung manfaat yang melimpah bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk menurunkan kadar asam urat dan kolestrol dalam darah. Daun salam bisa menghasilkan minyak essensial yang didalamnya terkandung komponen penting seperti eusgenol serta mnetil kavikol yang dipercaya mampu mengatasi berbagai keluhan kesehatan, seperti menurunkan kadar asam urat serta kadar kolestrol.

7. Mentimun
Jenis sayuran berikutnya yang baik untuk asam urat dan kolestrol adalah mentimun, dimana ini merupakan jenis sayuran yang banyak sekali dibudidayakan di seluruh dunia. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam mentimun telah dipercaya mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan, sehingga tak jheran jika sayuran ini disebut sebagai makanan super. Mentimun meruapakan salah satu jenis sayuran yang didalamnya terkandung berbagai macam nurtisi penting, salah satunya adalah senyawa sterol yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Selain itu, mentimun juiga menjadi sumber silika yang sangat baik, dimana senyawa tersebut dikenal mampu memperkuat jadingan ikat, sehingga dapat menidngkatkan kesehatan sendi. Jadi, bagi anda yang sedang bermasalah dengan persendian cobalan untuk mengkonsumsi jus yang terbuat dari campuran mentimun dan wortel. karena hal itu akan membantu anda untuk menurunkan rasa nyeri akibat radang sendi, encok, sekaligus menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

8. Tomat
Tomat memiliki kandungan senyawa likopen yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh kita. Likopen sendiri merupakan senyawa yang memberikan warna merah pada sayuran tersebut. Selain itu, tomat juga sarat akan kandungan vitamin B6 dan kalium yang dipercaya mampu membantu menurunkan kadar kolestrol serta kadar asam urat dalam tubuh. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari tomat adalah dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi jus.

9. Jagung
Jagung adalah salah satu jenis tanaman pangan yang telah banyak dibudidayakan oleh masyarakan di seluruh dunia. Selain karbohidrat, jagung juga kaya akan nutrisi lainnya dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat dalam jagung adalah kalium, dimana kalium merupakan elektrolit yang dapat membantu mengatur serta menjaga kadar cairan yang ada dalam tubuh kita, sehingga organ orga tubuh kita bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, kandungan kalium dalam jagung juga bersifat diuretik, sehingga hal ini bisa membantu untuk melancarkan pembuangan air seni. Kondisi seperti ini nantinya akan berpengaruh terhadap penurunan resiko terjadinya infeksi pada saluran kemih, serta dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain kalium, jagung juga memiliki kandungan kandungan vitamin C, bioflavonoid, serta karotenoid yang akan dapat membantu mengendalikan kadar kolestrol dalam darah serta dapat membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh kita.

10. Peterseli
Sama seperti seledri, peterseli juga sering kita temukan sebagai hiasan makan atau garnish. Mungkin ada yang beranggapan bahwa peterseli dan seledri adalah sama, akan tetapi anggapan itu salah. Peterseli dan seledri merupakan tanaman yang berasal dari genus yang berbeda. Peterseli berasal dari genus petroselinum, sedangkan seledri berasal dari genum apium. Peterseli merupakan jenis tanaman yang bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti kolestrol, asam urat, gejala anemia, dan berbagai keluhan kesehatan lainnya.

Menurut seorang ahli nutrisi dari American Naturopathic Medical Association yang bernama Dr. Denice Moffat menyatakan bahwa peterseli merupakan satu dari tujuh tanaman obat paling mujarab didunia, selain jahe, oregano, kayu manis, kunyit, sage dan bubuh cabai merah.

11. Sawi Hijau
Sawi hijau merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat. Nama asing dari sayuran ini adalah mustard atau green mustard. Umumnya, sayuran ini diolah dengan cara ditumis, oseng oseng, atau digunakan sebagai pelengkap dalam hidangan mie, bakso, gado-gado, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Dibalik itu semua, ternyata sawi hijau menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol serta kadar asam urat dalam tubuh kita. Hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin E, beta karoten, kalium, fosfor, zat besi dan kalsium yang mampu mencegah terjadinya oksidasi LDL dalam tubuh.

12. Sawi Putih
Tidak hanya sawi hijau saja, sawi putih pun juga berguna untuk menurunkan kadar kolestrol dan asam urat dalam tubuh. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan betakaroten yang ada pada sayuran ini dapat membantu mencegah terjdinya oksidasi kolestrol jahat (LDL). Dengan begitu bisa dikatakan bahwa dengan mengkonsumsi sawi putih, maka akan dapat membantu menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan fitonutrient yang ada pada sawi putih juga dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, yaitu dengan melancarkan saluran kencing, dimana asam urat nantinya akan keluar dari tubuh melalui air kencing.

Cara Meminimalkan Serangan Penyakit Asam Urat

Disamping menjalankan pengobatan dengan rutin dan mengonsumsi sayuran untuk penderita asam urat, ada beberapa cara lainnya untuk mencegah atau meminimalkan serangan pada penyakit asam urat, meliputi :

>> Rutin berolahraga
>> Minum ari putih yang cukup
>> Jauhi minuman yang terlalu manis
>> Hindari minuman beralkohol
>> Batasi asupan daging dan makanan laut
>> Cukupi kebutuhan protein anda dengan mengonsumsi susu rendah lemak, yoghurt, keju dan susu
>> Jaga berat badan anda. Jika anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, anda dianjurkan untuk menurunkannya, karena penurunan berat bdan dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi sendi anda yang dapat menimbulkan rasa sakit.

Jika anda mengalami penyakit asam urat, penting bagi anda untuk menjalani pengobatan dan juga menjalani gaya hidup sehat, guna membantu mengurangi atau menghilangkan gejala penyakit asam urat. Terimakasih semoga artikel ini dapat membantu anda dan semoga bermanfaat.

Jenis Sayuran Untuk Asam Urat Dan Kolestrol Yang Harus Dikonsumsi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Jenis-Jenis Sayuran Untuk Asam Urat Dan Kolestrol Yang Harus Dikonsumsi Selain dengan pengobatan, menjaga pola makan yang sehat merupakan salah satu cara untuk mengobati asam urat. Mengonsumsi sayuran untuk penderita asam urat merupakan salah...
Artikel Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *