Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolestrol Yang Berbahaya

Diposkan oleh : ahlinyamaag pada 7:16 am tanggal 18 Jun. 2019 Kategori Uncategorized

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menurunkan kolestrol, terutama mengatur pola makan. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui daftar makanan penurun kolestrol yang patut di coba.

Sekilas Tentang Kolestrol

Kolestrol tinggi adalah salah satu penyakit yang mulai banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Jika tidak segera dikendalikan, kolestrol yang terlampau tinggi bisa membuat anda terkena stroke hingga serangan jantung. Tenang, anda bisa mengatasi masalah kolestrol tinggi ini dengan makan makanan penurun kolestrol, buah penurun kolestrol, obat penurun kolestrol, hingga herbal penurun kolestrol alami.

Dalam tubuh manusia terdapat kolestrol, yang merupakan senyawa dengan sifat mirip lemak yang hidup secara alami dalam hampir setiap bagian tubuh anda seperti otak, saraf, otot, usus, hati dan jantung. Kolestrol datang dari dua sumber, yaitu diproduksi oleh hati atau lewat makanan yang anda konsumsi.

Angka kolestrol normal yang disarankan para dokter secara umum adalah dibawah 200 miligram per desiliter (mg/dl). Jika anda melakukan tes kadar kolestrol, pastikan anda mendapat rincian hasil HDL ( lemak baik ) dan LDL ( Lemak jahat ). Kadar HDL yang baik adalah 60 mg/dl, tapi semakin tinggi angkanya justru semakin baik bagi anda. Sementara itu kadar LDL yang aman adalah dibawah 100 mg/dl.

Makanan Penurun Kolestrol Tinggi

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu makanan penurun kolestrol yang bisa anda konsumsi. Pasalnya, minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi ini dapat menurunkan LDL kolesrol atau lemak jahat, dan menaikkan HDL kolestrol alias lemak baik.

Anda bisa mencampurkan 2 sendok minuak zaitun dan buah zaitun pada salad atau coba menggoreng dan menumis makanan menggunakan minyak dari buah zaitun tersebut.

  • Oatmeal Dan Makanan Berserat Tinggi

Siapa yang tidak tahu oatmeal ? Kebanyak orang lebih suka mengonsumsi oatmeal sebagai makanan diet andalan. Namun nyatanya, oatmeal juga termasuk makanan penurun kolestrol, lho.

Oatmeal baik untuk kesehatan karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolestrol kedalam aliran darah. Mengonsumsi 10 gram serat dari oatmeal dapat mengurangi total kolestrol, termasuk kolestrol jahat alias LDL.

  • Kacang Kacangan

Kacang memang sangat cocok dikonsumsi sebagai salah satu makanan untuk diet. Selain itu, kacang bisa jadi makanan penurun kolesrol yang lezat.

Sama seperti saat anda mengandalkannya sebagai makanan diet, kandungan serat larut yang sangat tinggi pada kacang juga dapat membantu mengurangi kadar kolestrol tubuh. Mengonsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang, atau kacang almond secara teratur selama 6 minggu dapat menurunkan kolestrol hingga 10 persen.

  • Ikan Salmon

Ikan salmon diperkaya dengan kandungan omega-3 bermanfaat untuk menurunkan kolestrol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolestrol baik (HDL). Selain mengandung omega-3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

Sebuah asosiasi kesehatan di Amerika menyimpulkan bahwa mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel, minimal 2 porsi dalam satu minggu dapat memberi manfaat yang sangat optimal dalam menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh. Ini artinya, ikan sudah tidak diragukan lagi menjadi salah satu makanan penurun kolestrol andalan bagi anda.

  • Susu Kedelai

Minuman lain yang juga bisa dijadikan sebagai penurun kolestrol adalah susu kedelai. Susu kedelai sendiri mengandung isoflavon yang berguna untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Tidak hanya susu kedelai, makanan yang berasal dari olahan kacang kedelai juga memiliki kandungan isoflavon yang tinggi, seperti tempe dan tahu.

Untuk mempermudah upaya menurunkan kolestrol tinggi, anda juga bisa mengonsumsi produk olahan yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Kedua jenis serat larut ini dapat membuat sistem pencernaan bekerja dengan optimal, sekaligus menurunkan kadar kolestrol.

Selain itu, anda juga bisa mencari produk dengan tambahan vitamin B1 dan B2. Tujuannya agar proses pencernaan serta pembakaran lemak dan karbohidrat dapat berjalan dengan lebih baik, yang tentu saja akan membantu anda dalam menurunkan kolestrol tinggi.

Perubahan Gaya Hidup Untuk Menurunkan Kolestrol

Selain mengonsumsi daftar makanan dan minuman diatas, anda juga dianjurkan untuk mengubah gaya hidup demi menurunkan kolestrol tinggi dan mempertahankan kolestrol normal.

  • Kurangi Makanan Yang Mengandung Lemak

Cara paling mudah untuk menjaga kadar kolestrol tetap normal adalah memerhatikan jumlah lemak yang diksonsumsi. Hindari makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh maupun lemak trans, seperti daging merah dan susu tinggi lemak. Sebagai gantinya, anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

  • Berhenti Merokok

Merokok dapat menurunkan kadar kolestrol baik ( HDL ) didalam darah, selain juga merusak dinding pembuluh darah. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok untuk mendukung upaya anda menurunkan kolestrol serta menghindari dampak buruk kolestrol tinggi.

  • Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan peningkatan kadar kolestrol dan tekanan darah. Untuk mencegahnya, anda harus membatasi konsumsi minuman beralkohol, dan akan lebih baik lagi jika anda tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.

  • Berolahraga secara rutin

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, olahraga secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dalam darah. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit perhari, minimal 3 kali seminggu, agar manfaat ini bisa anda rasakan.

Supaya kolestrol anda tetap terkontrol, lakukan tes kolestrol secara berkala sesuai anjuran dokter. Selain itu, terapkanlah pola hidup sehat untuk menurunkan kadar kolestrol dan mempertahankannya dalam batas normal, agar anda terhindari dari bahaya kolestrol tinggi.

Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolestrol Yang Berbahaya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berbagai cara dapat dilakukan untuk menurunkan kolestrol, terutama mengatur pola makan. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui daftar makanan penurun kolestrol yang patut di coba. Sekilas Tentang Kolestrol Kolestrol tinggi adalah salah satu penyakit yang...
Uncategorized - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *