Penyebab Dan Cara Mengatasi Maag Saat Hamil

Diposkan oleh : ahlinyamaag pada 6:50 am tanggal 21 Feb. 2019 Kategori Penyakit Maag

Sakit maag saat hamil sering kali terjadi dan bisa dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Untuk itu, penting mengetahui penyebab dan cara tepat mengatasinya, agar terhindar dari keluhan dan gangguan yang ditimbulkannya.

Gejala sakit maag saat hamil terbilang beragam. Diantaranya berupa keluhan perut kembung, mulas, perut terasa kenyang meski hanya makan sedikit, nyeri pada ulu hati hingga area sekitar dada, sering sendawa, mual, dan muntah. Mengalami keluhan keluhan tersebut tentunya akan terasa sangat mengganggu, terlebih bagi ibu hamil.

Berbagai Penyebab Sakit Maag Saat Hamil

Terjadi berbagai perubahan hormon pada ibu hamil, salah satunya yakni kenaikan kadar hormon progesteron. Tingginya kadar hormon ini dapat memicu kenaikan asam lambung saat hamil. Hal ini juga menyebabkan otot otot tubuh menjadi lebih rileks, sehingga sistem pencernaan cenderung bekerja lebih lambat. Inilah yang memungkinkan terjadinya sakit maag saat hamil.

Peningkatan ukuran janin dalam perut bisa menyebabkan sakit maag saat hamil, karena janin menekan area sekitar lambung, mempermudah adam lambung untuk naik ke tenggorokan dan menimbulkan keluhan.

Cara Mengatasi Maag Saat Hamil

Ini merupakan cara terbaik untuk dapat mengatasi gangguan asam lambung anda. Beberapa hal yang perlu anda ubah terkait dengan kebiasaan makan anda adalah :

Anda mungkin bisa mencoba minum air jahe hangat untuk meringankan gejala naiknya asam lambung. Jahe juga dapat menghilangkan perasaan mual dan muntah yang biasa anda alami saat hamil. Atau, mungkin anda bisa membuat segelas susu hangat atau teh chamomile untuk membuat anda merasa lebih nyaman.

Jika anda sering merasakan gangguan asam lambung saat hamil, sebaiknya tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi dari biasanya. Posisi kepala dan bagian tubuh atas anda yang lebih tinggi dari posisi lambung akan membantu menjaga asam lambung agar tidak naik keatas. Hal ini jutga dapat membantu kerja sistem pencernaan anda.

Selain itu, anda mungkin lebih nyaman untuk tidur dalam posisi menghadap ke kiri. Tidur dengan posisi menghadap kekanan membuat posisi lambung anda lebih tinggi dari pada kerongkongan, sehingga anda dapat merasaan heratburn.

Saat hamil, anda perlu untuk meningkatkan berat badan anda sebagai upaya dalam mendukung kesehatan anda dan bayi dalam kandungan. Namun, terlalu banyak jumlah kenaikan berat badan saat hamil juga tidak baik. Berat badan yang terlalu besar saat hamil memungkinkan anda mengalami gangguan asam lambung saat hamil, karena maag tertekan oleh rahim anda yang besar. Untuk itu, anda harus menjaga berat badan anda agar tetap dalam rentang normal saat hamil.

Saat hamil, pakailah pakaian yang longgar dan memberikan kenyamanan saat anda memakainya. Memakai pakaian yang ketat ( terutama pada bagian sekitar pinggang dan perut ) dapat menempatkan lebih banyak tekana pada perut anda, sehingga hal ini dapat memperburuk gangguan asam lambung.

Bagi perokok, disarankan untuk berhenti merokok selama kehamilan. Sebab selain dapat menyebabkan kenaikan asam lambung, kebiasaan merokok juga dapat membahayakan kesehatan janin. Bayi dari ibu yang perokok akan berisiko lahir dengan berat badan rendah, lahir prematur, cacat lahir, dan keguguran.

Jika ibu hamil terbiasa duduk dengan posisi bersandar atau membungkuk saat makan, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan ini. Sebab, posisi duduk seperti ini dapat mempermudah naiknya asam lambung. Makanlah dengan posisi duduk tegak.

Terimakasih, semoga apa yang sudah dijelaskan bisa membantu anda untuk mempunyai gaya hidup yang lebih sehat lagi.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Maag Saat Hamil Penyebab Dan Cara Mengatasi Maag Saat Hamil
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sakit maag saat hamil sering kali terjadi dan bisa dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Untuk itu, penting mengetahui penyebab dan cara tepat mengatasinya, agar terhindar dari keluhan dan gangguan yang ditimbulkannya. Gejala sakit maag...
Penyakit Maag - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *